Sabtu, 22 Agustus 2009

Pelajaran I ( Kelas X )



Pengertian Sejarah

Apakah itu sejarah?
Apakah semua masa lalu dapat dikatakan sebagai sejarah?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita mencoba menganalisa diri kita sendiri. Sebagai siswa kelas X (satu SMA), rata-rata kita sudah berusia 15 tahun bahkan lebih. Dari sepanjang waktu hidup kita, coba apa yang bisa diingat oleh pikiran kita? Seberapa banyak dari apa yang sudah kita lakukan di masa lalu terekam dengan baik di pikiran?
Saya yakin tak banyak, dibandingkan dari seluruh waktu yang sudah kita habiskan, bahkan untuk mengingat hal-hal dari minggu lalu pun banyak yang tak lagi melekat di kepala kita.

Otak kita sebenarnya adalah penulis dan penutur sejarah yang hebat. Tidak semua hal dalam kehidupan yang telah dijalani seseorang dapat diingat, namun terdapat hal-hal yang selalu ada dalam ingatan, walau sebenarnya tak ada niatan untuk mengingatnya. Biasanya hal tersebut adalah peristiwa yang memiliki makna, berkesan dan barangkali sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita.

Sejarah juga demikian, kajiannya adalah segala sesuatu yang telah diperbuat manusia di masa lampau, namun tidak semua masa lampau bisa disebut sebagai sejarah. Sebuah peristiwa dapat disebut sebagai sejarah apabila keberadaannya memiliki catatan-catatan penting, yakni memiliki pengaruh bagi kondisi kekinian. Dan apabila dimaknai maka peristiwa tersebut dapat memberikan manfaat bagi keberlangsungan kehidupan manusia di masa yang akan datang, artinya manusia dapat menarik pelajaran berharga dari peristiwa tersebut.


Tugas :
Coba buatlah definisi sejarah berdasarkan keterangan tersebut di atas dengan menggunakan kalimatmu sendiri, setelah itu bandingkanlah definisumu tersebut dengan para pakar sejarah! Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar